Inovasi Kepala Sekolah

INOVASI KEPALA SEKOLAH

KETENTUAN PESERTA

  1. Peserta adalah perorangan dan masih aktif dalam Jabatan Kepala Sekolah 
  2. Peserta dapat mengirimkan satu karya inovasi kepala sekolah berupa Best Practice dan disajikan beserta video berdurasi 15 menit dilengkapi dengan biodata penulis. 
  3. Peserta dari Kepala SMA/SMK/PKLK harus melampirkan surat pengantar dari Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten /kota. 

MATERI WORKSHOP

  1. Kepemimpinan Visioner 
  2. Inovasi Kepala Sekolah 
  3. Kewirausahaan

NARASUMBER

  1. Dr. Marjuki, M.Pd (LPMP) 
  2. Prof. Dr. Budianto, M.Pd. (UNESA) 
  3. Dr. Gatot Hari Prijowirjanto (SEAMEO)

KETENTUAN KARYA

Karya yang dikumpulkan berupa pengalaman terbaik (Best Practice) inovasi yang telah dikembangkan selama tahun 2021.

MEKANISME PENULISAN KARYA

  1. Penulisan naskah Best Practice harus menggunakan sistematika penulisan sebagaimana tertera pada lampiran pedoman ini. 
  2. Jumlah halaman naskah minimal 10 halaman tidak termasuk lampiran, dengan kertas berukuran A4. 
  3. Isi laporan dengan proporsi: pendahuluan (min. 2 halaman), isi (min. 15 halaman), dan penutup (2 halaman). 
  4. Naskah diketik dengan spasi 1,5, huruf Time New Roman ukuran huruf 12, batas tepi/margin kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm. Khusus untuk ukuran huruf tebal dan gambar disesuaikan dengan kebutuhan. 

NARAHUBUNG

  1. Dwi Anggraeni [WA. +62 811-3504-547]
  2. Endang Binarti [WA. +62 822-4466-3184]
  3. Ainur Rofiq [WA. +62 853-3135-0555]

KERANGKA PENULISAN

  1. Bagian Awal

Terdiri dari halaman judul; lembar persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan lampiran; serta abstraksi atau ringkasan 

  1. Bagian Isi 
    • Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar  Belakang Masalah, Perumusan  
    • Masalah, Tujuan, dan Manfaat. 
    • Bab Kajian/Tinjauan Pustaka. 
    • Bab Pembahasan Masalah yang didukung data berasal dari satuan pendidikannya. Cara pemecahan masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci. (Hal yang sangat perlu disajikan, pada bab ini, adalah keaslian, kejelasan ide/gagasan, dan kecemerlangan ide terkait dengan upaya pemecahan masalah di sekolah/ madrasahnya. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice
  2. Bab Kesimpulan 
  3. Bagian Penunjang

Memuat daftar pustaka dan Lampiran data yang digunakan dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.